Contact Form

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Cara Atasi Mata Bayi Belekan Secara Alami Dan Aman

Cara Atasi Mata Bayi Belekan Secara Alami dan Aman

Penyebab Umum Mata Bayi Belekan

Mata bayi belekan merupakan kondisi yang cukup umum terjadi dan biasanya disebabkan oleh tersumbatnya saluran air mata. Saluran air mata yang tersumbat dapat disebabkan oleh perkembangan saluran air mata bayi yang terlambat atau adanya benda asing yang menyumbat.

Gejala Mata Bayi Belekan

Gejala umum mata bayi belekan antara lain:
- Kotoran mata yang berwarna putih, kuning, atau hijau
- Mata yang merah, bengkak, atau bernanah
- Kesulitan membuka mata

Cara Mengatasi Mata Bayi Belekan Secara Alami

Pemijatan

Pemijatan ringan pada sudut bola mata dapat membantu melancarkan saluran air mata dan mengurangi mata belekan. Pijat dengan lembut selama beberapa menit setiap hari hingga gejala berkurang.

Kompres Hangat

Kompres hangat dapat membantu melonggarkan kotoran mata dan membuka saluran air mata. Rendam kain bersih dalam air hangat dan kompreskan pada mata bayi selama 10-15 menit.

Air Garam

Teteskan air garam steril ke mata bayi untuk membantu membersihkan kotoran mata. Gunakan pipet atau cotton bud yang steril dan teteskan beberapa tetes ke setiap mata.

Penting!

Jika mata bayi belekan disertai dengan gejala lain seperti kemerahan, pembengkakan, atau nyeri, segera konsultasikan ke dokter. Kondisi tersebut mungkin disebabkan oleh infeksi atau masalah mata lainnya yang memerlukan penanganan medis.


Comments